Cara Menggunakan BLAST Tool Dari Sistus NCBI

            

BLAST (Basic Local Alignment Search Tool) merupakan suatu program online pada situs NCBI (National Centre for Biotechnology Information) yang sering digunakan dalam kajian Bioinformatik. Secara umum program ini berfungsi untuk mengetahui tingkat persamaan (similarity) dari suatu sekuen nukleotida dan protein terhadap sekuen nukleotida dan protein yang terdapat pada genebank. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi berupa identitas dari suatu sampel yang belum diketahui sebelumnya.

Program ini dibuat guna memenuhi perkembangan ilmu sistematika modern yang mulai mengarah hingga tingkat molekuler. Ilmu sistematika modern sudah mulai menggunakan metode identifikasi berbasis molekul materi genetik (DNA/RNA/Protein) yang lebih menjanjikan keakuratannya dibandingkan ilmu sistematika konvensional. Algoritma dalam program BLAST akan mencocokkan data molekul materi genetik yang berbasis basa nitrogen (A-G-T-C-U) dengan berjuta-juta data di genebank. Terdapat juga beberapa pilihan menu algoritma pencarian untuk menyesuaikan keinginan user.

Contohnya dalam tutorial kali ini akan saya jelaskan langkah-langkah menggunakan program BLAST untuk mengidentifikasi suatu sekuen DNA dari suatu sampel yang telah diketahui urutan nukleotidanya. Untuk totorial lebih lengkapnya silahkan download file dibawah ini:




Via Google Drive 

2 Responses to "Cara Menggunakan BLAST Tool Dari Sistus NCBI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel