Laporan Praktikum Virologi



Virologi merupakan salah satu cabang disiplin ilmu Mikrobiologi yang mempelajari kehidupan Virus. Mempelajari dari segi morfologi, molekuler bahkan prevalensi dalam menimbulkan penyakit. Virus merupakan makhluk yang berukuran sangat kecil dan hanya hidup didalam tubuh inangnya. Dapat juga dikatakan makhlus aseluler karena tidak mempunya struktur sel dan organel penyusunnya (Pelczar and Chan, 2008). Dapat dikatakan makhluk hidup karena mampu bereplikasi atau menggandakan diri didalam sel inang, dan dapat juga dikatakan benda mati ketika berada diluar sel inang.

Virus mulai diketahui keberadaannya oleh Adolf Meyer, seorang ilmuwan Jerman pada tahun 1883. Saat menyelidiki penyakit mozaik pada daun tembakau, hasil penyelidikannya menunjukkan bahwa jika daun yang terserang itu diambil zatnya kemudian disuntikkan pada daun yang sehat, maka daun tersebut akan menderita penyakit yang sama. Diketahui pula bahwa zat yang menyebabkan penyakit itu tetap menembus kertas saring rangkap dua dan tidak dapat ditumbuhkan dalam media agar-agar. Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Karakteristik khas virus ini selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya Virus Mozaik Tembakau) (Pelczar and Chan, 2008).

Di dunia akademik virus dapat dipelajai berdasarkan teori-teori penemuan maupun praktik laboratorium. Buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah banyak memuat tentang penelitian bidang virologi. Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap beberapa metode dalam mengamati virus dalam skala laboratorium. Salah satu hasil pengamatan seputar virus Saya bagikan dalam format laporan praktikum. Laporan ini memuat hasil praktik lab yang telah dilaksanakan saat mengambil mata kuliah virologi beberapa waktu yang lalu. Laporan ini berisi tentang judul praktikum pengamatan gen Epstein Barr-Virus, melihat prevalensi virus New Castle Disease pada unggas, praktik cara kerja Postulat Koch dan pengamatan Plaque pada virus yang menginfeksi bakteri. Untuk lebih lengkapnya setap laporan dapat didownload pada link dibawah ini:

Via Google Drive

1. Laporan Deteksi Gen Epstein-Barr Virus                  Download

2. Laporan Pengamatan Virus New Castle Disease       Download

3. Laporan Postulat Koch                                                 Download

4. Laporan Pengamatan Palque Virus Bakteri                Download

0 Response to "Laporan Praktikum Virologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel