Laporan Praktikum Imunobiologi



Anda mungkin pernah melihat bagaimana orang melakukan tes pra kehamilan. Atau bahkan Anda pernah mengalaminya sendiri dengan menggunakan alat strip tes yang biasanya dijual di apotik. Lalu apakah Anda pernah bertanya bagaimana alat itu bekerja? Jika Anda pernah membaca tentang Human Chorionic Gonodotropin (HCG) tentu telah mengetahui bagaimana strip tes kehamilan bekerja. Hal ini juga dipelajari di dalam ilmu Imunobiologi yang merupakan salah satu percabangan ilmu Biologi.

Imunobiologi mempelajari mengenai respon sel-sel kekebalan tubuh (imun) terhadap serangan antigen serta perubahan yang terjadi di dalam tubuh manusia. Tes kehamilan merupakan salah satu metode yang menggunakan dasar ilmu imunologi, yaitu dengan menentukan adanya HCG di dalam urin saat awal fase kehamilan. Pengujian imunologi sering menggunakan sampel darah atau memlaui uji serologi. Uji Serologi biasanya digunakan untuk menentukan, kadar protein, albumin, CRP (c-reactive protein) serta tingkat infeksi demam tifus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii melalui uji Widal.

Hasil praktikum yang telah dilakukan di Lab Imunology Fak Biologi Unsoed juga mempelajari pengujian serologi atau pemerikasaan darah. Anda juga dapat langsung mempelajarinya dan dapat digunakan sebagai bahan referensi. Caranya dengan mendownload link file dibawah ini (via google drive). Selamat membaca. Enjoyyy.


ACARA 1 PEMERIKSAAN SEL IMUN GRANULOSIT DAN AGRANULOSIT

ACARA 2 PENETAPAN HCG DENGAN IMUNOKROMATOGRAFI

ACARA 3 UJI WIDAL Salmonella typhii

ACARA 4 PENETAPAN KADAR CRP SECARA KUALITATIF

ACARA 5 PERMERIKSAAN KADAR TOTAL PROTEIN DENGAN METODE BIURET

ACARA 6 PERMERIKSAAN KADAR ALBUMIN

0 Response to "Laporan Praktikum Imunobiologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel