Laporan Praktikum Rekayasa Genetika



Beberapa dekade silam perkembangan ilmu pengetahuan maju dengan sangat pesat. Teknologi modern sudah banyak diaplikasikan dalam penelitian ilmiah. Hal-hal yang sifatnya masih konvensional mulai ditinggalkan karena tidak diminati. Disamping kurang efektif dan efisien keakurasian data juga menjadi pertanyaan tersendiri. Inilah yang menjadi melatar belakang menggaungnya ilmu Bioteknologi di bidang Rekayasa Genetika.

Ilmu Rekayasa Genetika atau dikenal juga dengan istilah Genetic Engineering merupakan percabangan dari ilmu Genetika. Mempelajari seputar teknologi DNA rekombinan dalam rangka merekayasa susunan materi genetik suatu makhluk hidup. Tujuan rekayasa genetik adalah untuk menghasilkan makhluk hidup unggul dan superior yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan hidup manusia. Individu yang telah direkayasa materi genetiknya melalui teknologi ini disebut Genetically Modified Organism (GMO).     

Mempelajari ilmu rekayasa genetika untuk saat ini memang syarat dengan perkembangan jaman. Banyak institusi dan perusahaan membutuhkan yang mempunyai latar belakang ahli Biotech./Rekayasa Genetik. Dimana sebagian besar produk bahan pangan, obat-obatan dan kosmetik yang digunakan saat ini diproduksi dengan Bioteknologi. Seperti halnya saat ini ditemukan metode edit gen menggunakan CRISPR Cas 9 untuk memodisikasi gen yang tidaak sesuai. Maka dari itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli baru sebagai operator maupun pengembang dalam teknologinya.

Hal ini yang mendasari Saya sedikit berbagi ilmu tentang Rekayasa Genetika melalui laporan hasil praktikum yang pernah Saya buat saat kuliah di Fak. Biologi Unsoed. Laporan ini didasarkan pada praktikum ilmu Rekayasa Genetika yang terdiri dari materi pengenalan metode PCR, isolasi DNA dan plasmid, pengenalan enzim restriksi serta melakukan ligasi dan transformasi. Materi ini merupakan dasar yang harus dipahamai dalam rangka melakukan rekayasa materi genetik. Lebih jelasnya dapat didownload secara langsung melalui link dibawah ini (via google drive):

METODE PCR

ISOLASI DNA GENOM

ISOLASI DNA PLASMID

PENGENALAN ENZIM RESTRIKSI

LIGASI DAN TRANSFORMASI

0 Response to "Laporan Praktikum Rekayasa Genetika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel