Apa itu Kompetisi Sains Nasional (KSN)

KSN atau singkatan dari Kompetisi Sains Nasional adalah ajang Kompetisi Sains yang ditujukan bagi pelajar seluruh Indonesia dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemdikbudristek RI) Republik Indonesia. 
 
{tocify} $title={Daftar isi} 

Awal Mula KSN

Awalanya KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN), namun pada tahun 2022 mengalami pergantian nama. Perubahan ini terjadi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia. Tujuan dari dilaksanakannya ajang KSN adalah guna meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan ruang aspirasi serta apresiasi untuk pelajar dalam mewujudkan talenta emas Indonesia.

Pelaksanaan KSN

KSN dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. Ajang KSN juga bermanfaat untuk menjaring dan membina siswa-siswi yang akan diikutsertakan menjadi perserta Kompetisi Sains Tingkat Internasional setelah berhasil lolos tahapan seleksi. Seleksi KSN berawal dari seleksi tingkat sekolah, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan terakhir tingkat nasional. Bidang yang di lombakan dalam KSN tingkat SMA/Sederajat mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

0 Response to "Apa itu Kompetisi Sains Nasional (KSN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel