Contoh Laporan Diklat Guru Kemenag RI Tema Penelitian Tindakan Kelas

Diklat atau singkatan dari Pendidikan dan Pelatihan adalah suatu program untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pegawai dalam suatu instansi. Diklat memiliki serangkaian proses untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan seorang pegawai demi tercapainya tujuan suatu organisasi. Pegawai yang mengikuti diklat dapat berasal dari suatu instansi pemerintah atau swasta baik yang menduduki jabatan struktural maupun fungsional.

Keberhasilan suatu diklat tidak lepas dari beberapa hal seperti materi diklat, metode penyampaian materi, kemampuan instruktur atau widyaiswara, sarana dan prasarana diklat, tujuan diklat dan evaluasi diklat. Diklat dapat dikatakan berhasil apabila tercapaianya tujuan diklat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Biasanya dalam semua jenis diklat diakhir kegiatan akan dilaksanakan kegiatan evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan evaluasi biasanya dilakukan dengan menggunakan lembar tes untuk mengetahui ketercapaiannya materi yang disampaikan. Sedangkan kegiatan tindak lanjut bisa dilakukan dengan pembuatan laporan kegiatan diklat oleh para peserta diklat. Tujuan pembuatan laporan kegiatan diklat biasanya digaunakan sebagai bukti administrasi peserta diklat kepada satuan kerja masing-masing.

Secara sederhana laporan kegaitan diklat memiliki format berupa halaman muka (cover), nama kegiatan diklat, tempat dan waktu pelaksanaan diklat, tujuan diklat, lama waktu diklat, surat penugasan diklat, penyelenggara diklat, materi dalam diklat, tindak lanjut diklat, dampak diklat dan penutup. Di bawah ini merupakan contoh laporan hasil diklat fungsional guru dengan tema Penelitian Tindakan Kelas yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Bandung Kementerian Agama RI. Silahkan dapat didownload di bawah ini:

Download via google drive

atau melalui link alternatif berikut ini:

Download via MediaFire

0 Response to "Contoh Laporan Diklat Guru Kemenag RI Tema Penelitian Tindakan Kelas "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel