Modul Pedagogik PPG Guru Biologi


Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sebuah program pendidikan profesi khusus untuk guru yang biasanya ditempuh selama 1 tahun atau selama 2 semester. Program ini berada dibawah tanggung jawab kementerian pendidikan RI dibawah dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), dan mempunyai 2 jenis program yaitu PPG prajabatan dan dalam jabatan (daljab). 

PPG prajabatan ditujukan oleh para calon guru yang belum pernah mengajar dan belum terdaftar dalam sistem informasi pendidik misalnya DAPODIK dan SIMPATIKA, serta memiliki ijazah sarjana (S1) baik dibidang pendidikan maupun bukan pendidikan. Sedangkan PPG daljab ditujukan kepada para guru baik berstatus ASN manupun Honorer yang sudah memiliki masa kerja tertentu berdasarkan TMT (Tanggal Mulai Tugas).

Kegiatan pembelajaran PPG selama pandemi Covid-19 lalu menggunakan sistem Blended Learning, yaitu perpaduan antara pembelajaran mandiri, tatap maya, dan tatap muka. Saat pembelajaran mandiri para peserta PPG dituntut untuk memahami materi dalam bentuk modul pelajaran. Terdapat 2 jenis modul pelajaran, yaitu modul Pedagogik dan Profesional berdasarkan bidang masing-masing peserta.

Modul pedagogik berisi materi seputar keilmuan pendidikan, meliputi filsafat pendidikan, terori perkembangan anak, teori belajar, model-model pembelajaran, cara membuat perangkat pembelajaran, dan pembelajaran abad 21 yang berkaitan dengan STEAM dan HOTS. Untuk lebih lengkapnya sudah disediakan contoh modul (e-modul) pedagogik untuk guru Biologi. Silahkan dapat langsung didownload pada link di bawah ini.

Download Modul Pedagogik 1  

Download Modul Pedagogik 2 

Download Modul Pedagogik 3

Download Modul Pedagogik 4

0 Response to "Modul Pedagogik PPG Guru Biologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel