Tujuan Pembelajaran (TP) Mapel Biologi Kurikulum Merdeka SMA/MA/Paket C

Tujuan Pembelajaran atau sering disingkat TP adalah suatu narasi berisi deskripsi yang akan dicapai oleh peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Istilah TP populer semenjak diberlakukannya kurikulum merdeka pengganti kurikulum 2013. 

TP dalam kurikulum merdeka memuat tiga aspek kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik selama mengikuti program pendidikan. Aspek kompetensi tersebut meliputi aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif). Ketiga aspek ini akan diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran yang tersencana.

TP merupakan hal penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tanpa TP, pembelajaran tidak akan berjalan secara terarah dan cenderung tidak dapat terukur hasilnya. Selain itu juga tidak akan menghasilkan pemahaman yang baik serta bermakna untuk peserta didik, karena tidak ada 'goal' yang dicapai.

Pada kurikulum merdeka setiap mata pelajaran mempunyai tujuan pembelajaran. Namun TP pada kurikulum merdeka sedikit berbeda dengan TP kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum 2013 mencantumkan tujuan pembelajaran pada setiap kompetensi dasar (KD) atau pada setiap materi pokok yang dipelajarai. Ketercapaiannya dapat dilihat setelah menyelesaikan suatu KD atau materi tertentu. Namun pada kurikulum merdeka, TP disusun secara umum dan fleksibel untuk suatu jenjang pendidikan. Ketercapain TP pada kurikulum merdeka dapat dilihat di akhir fase pembelajaran.

Berikut merupakan contoh Tujuan Pembelajaran (TP) mata pelajaran Biologi SMA/MA/Program Paket C.

Dengan mempelajari ilmu Biologi, peserta didik dapat:

  1. Memiliki rasa kagum dan bersyukur terhadap Pencipta (sikap spiritual) serta menghormati makhluk hidup dan ikut menjaga lingkungan;
  2. Menghormati keragaman pendapat, budaya, dan karakteristik khas lingkungan;
  3. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan memperhatikan etika dan norma yang berlaku;
  4. Memiliki pemahaman tentang sistem kehidupan yang saling berinteraksi ; adanya aliran materi dan energi; serta pertahanan dan perubahan;
  5. Memahami esensi Biologi mulai proses subseluler hingga dinamika ekosistem;
  6. Memahami perkembangan pengetahuan Biologi dari waktu ke waktu melalui dinamika proses kerja para ilmuwan yang mampu mempengaruhi masyarakat dalam konteks personal, lokal, dan global;
  7. Memahami isu permasalahan biologi dalam lingkup individu, keluarga, lingkungan sekitar dan global serta menerapkan pengetahuan Biologi untuk mengatasi permasalahan tersebut;
  8. Menghasilkan gagasan sebagai hasil adaptasi, adopsi, modifikasi, kreasi baru yang beragam berdasarkan hasil eksperimen;
  9. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan investigasi lapangan, laboratorium dan penelitian lainnya termasuk pengumpulan dan analisis data kualitatif maupun kuantitatif, serta interpretasi bukti.

Sumber &Referensi

  • Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022.

0 Response to "Tujuan Pembelajaran (TP) Mapel Biologi Kurikulum Merdeka SMA/MA/Paket C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel