Alur Tujuan Pembelajaran Biologi Fase E Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka atau sering disingkat KurMer merupakan kurikulum baru yang mulai diimplementasikan sejak tahun 2021 paska puncak pandemi covid 19. Kurikulum besutan Mas menteri pendidikan Nadiem Makariem ini dikatakan lebih menitik beratkan pada pemaknaan proses belajar, sehingga guru tidak terlalu dibebankan dan dipusingkan dengan tetek-bengek administrasi pembelajaran.

KurMer memiliki administrasi yang cenderung lebih sederhana jika dibandingkan K13. Salah satu administrasinya dikenal dengan istilah Alur Tujuan Pembelajaran atau sering disingkat ATP. Menurut laman pusat informasi dan kolaborasi kemdikbud ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran. 

Skema ATP pada KurMer dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Setelah melakukan analisis CP dan TP yang sebelumnya sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya (Analisis CP dan TP), kemudian dapat dijadikan acuan untuk menentukan ATP. Berikut merupakan contoh ATP mata pelajaran Biologi pada Fase E (kelas X) yang dapat diunduh pada link di bawah ini.

Download Via Mediafire

0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran Biologi Fase E Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel