Analisis CP dan TP Biologi Fase E Kurikulum Merdeka

Semenjak pendemi covid tahun 2020 - 2021 pemerintah merubah sistem pendidikan di Indonesia terutama pada kurikulumnya. Sebelumnya sistem pendidikan di Indonesia menggunakan telah kurikulum 2013 (K13) yang kurang lebih sudah berlangsung selama 8 tahun. Melalui Mas Menteri pendidikan Nadiem Makarim mulai marencanakan perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka atau dapat disingkat KurMer.

KurMer sebagai kurikulum baru yang mulai gencar diimplementasikan sejak tahun 2021. Kurikulum ini dikatakan akan lebih menitik beratkan pada pemaknaan proses belajar untuk guru dan murid. Sehingga guru tidak terlalu dibebankan dan dipusingkan dengan tetek-bengek administrasi pembelajaran. KurMer memiliki administrasi yang cenderung lebih sederhana jika dibandingkan K13. Salah satu administrasinya dikenal dengan istilah Analisis CP dan TP.

Capaian Pembelajaran (CP) pada kurikulum merdeka adalah suatu kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD, SD, SMP dan SMA. CP pada kurikulum merdeka ini memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk meningkatkan pemaknaan dalam suatu proses pembelajaran bagi peserta didik, pemerintah merubah Kompetensi Dasar yang dulu ada di Kurikulum 13 (K13) menjadi tujuh tahap/etape yang disebut dengan istilah fase. Fase Fondasi berada pada jenjang PAUD, Fase A jenjang SD kelas 1-2, Fase B jenjagn SD kelas 3-4, Fase C jenjang SD kelas 5-6, Fase D jenjang SMP kelas 7-9, Fase E jenjang SMA kelas 10, Fase F jenjang SMA kelas 11-12. Setiap fase dapat dilalui oleh peserta didik lamanya 1-3 tahun.

Tujuan Pembelajaran atau sering disingkat TP adalah deskripsi materi pelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Istilah TP populer semenjak diberlakukannya kurikulum merdeka pengganti kurikulum 2013. TP dalam kurikulum merdeka memuat tiga aspek kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik selama mengikuti program pendidikan. Aspek kompetensi tersebut meliputi aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif). Ketiga aspek ini akan diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran yang tersencana.

Berikut merupakan contoh administrasi analisis capaian pembelajaran (cp) dan tujuan pembelajaran (tp) mata pelajaran biologi pada fase E (kelas X) yang dapat didownload pada link di bawah ini.

0 Response to "Analisis CP dan TP Biologi Fase E Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel