Lembar Kerja Praktikum Biologi Pengamatan Jaringan Tumbuhan - Kelas 11

Kegiatan praktikum di sekolah untuk bertujuan untuk menjelaskan, mengkonfirmasi, menganalisis atau memecahkan masalah dari suatu konsep yang telah dipelajari sebelumnya kepada peserta didik. Konsep-konsep yang berupa teori-teori dalam buku teks pelajaran terkadang sangat sulit untuk dipahami karena bersifat terlalu abstrak. Sehingga peserta didik kesulitan untuk memahaminya karena tidak terbayang sama sekali dibenak pikiran. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya minat belajar peserta didik jika hanya belajar teori-teori tanpa disertai kegiatan praktik.

Adanya kegiatan praktikum juga mempermudah guru beserta peserta didik untuk mengenali dan memahami suatu konsep. Apalagi setelah selesai melakukan kegiatan praktikum, peserta didik dapat menerapkan konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan praktikum juga dapat meningkatkan soft skill dan hard skill peserta didik, seperti meningkatkan daya kritis dalam memecahkan suatu masalah dan meningkatkan skill bekerja di laboratorium.

Kegiatan praktikum kali ini peserta didik akan mengamati struktur jaringan pada tumbuhan dikotil dan monokotil. Setiap tumbuhan memiliki perbedaan jenis jaringan penyusunnya baik pada organ akar, batang maupun daun. Peserta didik akan mencoba membuat preparat jaringan tumbuhan dikotil dan monokotil serta mengamatinya di bawah mikroskop. Diharapkan peserta didik dapat mengetahui perbedaan jaringan penyusun antara tumbuhan dikotil dan monokotil.

Peserta didik disediakan lembar kerja praktikum yang akan digunakan sebagai panduan dan lembar kerja saat kegiatan praktikum berlangsung. Berikut ini merupakan contoh lembar kerja praktikum yang dapat didownload pada link di bawah ini.

Download Via Mediafire

Jika menginginkan file tersebut dalam format word, silahkan menghubungi admin pada form kontak.

0 Response to "Lembar Kerja Praktikum Biologi Pengamatan Jaringan Tumbuhan - Kelas 11"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel