Contoh Soal Asesmen Madrasah Mapel Biologi Tahun 2023


 
1. Untuk memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam para ilmuwan melakukan klasifikasi. Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang klasifikasi adalah...
A. Taksonomi;
B. Ornitologi;
C. Zoologi;
D. Entomologi;
E. Herpentologi;
 
2. Dalam suatu percobaan dengan judul "Pengaruh Jenis Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung" menggunakan beberapa jenis limbah organik seperti air bekas cucian beras, air limbah pengolahan tahu dan air limbah pengolahan tempe. Jenis limbah organik yang digunakan dalam percobaan tersebut berdasarkan jenisnya termasuk variabel...
A. Bebas;
B. Kontrol;
C. Terikat;
D. Manipulasi;
E. Eksperimen.
 
3. Seorang siswa sedang melakukan karyawisata di salah satu kebun binatang. Pada beberapa kandang siswa tersebut tampak sedang mengamati hewan seperti pada gambar di bawah ini. Perbedaan dari ke-3 hewan tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati pada tingkat...
 


A. Ekosistem;
B. Spesies;
C. Gen;
D. Akuatik;
E. Plasma.

4. Virus secara umum merugikan manusia karena menyebabkan berbagai penyakit diantaranya adalah AIDS dan Covid-19. Virus dikatakan hidup karena dapat memperbanyak diri dan dikatakan mati karena tidak dapat melakukan metabolisme. Tentukan jawaban yang tepat dari beberapa pernyataan di bawah ini yang menunjukkan ciri-ciri virus...
(1) Tubuh virus terdiri atas materi genetik DNA/RNA dan protein
(2) Virus dapat bereproduksi diluar tubuh sel inang
(3) Virus mempunyai organel sel dan sitoplasma
(4) Virus hanya dapat berkembang biak di dalam sel inang
(5) Tubuh virus dapat dikristalkan
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 2, 3
D. 1, 3, 4
E. 1, 4, 5
 
5. Perhatikan beberapa jenis penyakit di bawah ini.
(1) Hepatitis
(2) Influenza
(3) Sifilis
(4) TBC/Tuberkulosis
(5) Polio
(6) Pneumonia
(7) HIV
Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 2, dan 3;
B. 1, 3, dan 6;
C. 2, 3, dan 4;
D. 2, 4, dan 7;
E. 3, 4, dan 6
 
6. Sepotong ikan asin yang kadar garamnya sangat tinggi ternyata menjadi rusak dan agak membusuk. Kerusakan ini diduga disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang mungkin merusak ikan asin tersebut adalah...
A. Clostridium botulinum
B. Clostridium acetobutylicum
C. Bakteri halofil
D. Metanobacterium
E. Bakteri termoasidofil
 
7. Pada saat melakukan praktikum di laboratorium, para siswa mengamati cairan feses seseorang yang terkena diare menggunakan mikroskop. Ternyata di dalam caiaran feses tersebut terdapat mikroorganisme yang bergerak-gerak dengan bantuan semacam rambut getar (fili) dipermukaan tubuhnya. Spesies mikroganisme tersebut adalah...
A. Paramecium caudatum
B. Balantidium coli
C. Stentor roeseli
D. Jamur
E. Bakteri
 
8. Spesies protista yang fosilnya digunakan sebagai bahan penggosok dan sebagai indikator sumber minyak bumi adalah...
A. Foraminifera
B. Radiolaria
C. Ulva
D. Chlorella
E. Navicula
 
9. Seorang siswa sedang mengamati lingkungan di sekitar sekolah. Siswa tersebut menemukan jamur yang tumbuh di batang kayu yang sudah lapuk. Saat diamati lebih dekat, jamur memiliki perbedaan ciri-ciri dengan tumbuhan. Ciri- ciri yang dimiliki oleh jamur adalah (3 jawaban)...
(1) Dinding sel dari selulosa
(2) Tipe sel eukariotik
(3) Tubuhnya tersusun dari benang hifa
(4) Tipe sel prokariotik
(5) Tidak berklorofil
 
10. Seorang siswa sedang berjalan-jalan di suatu tempat wisata di lereng pegunungan dalam rangka healing selepas ujian akhir sekolah. Di tempat wisata tersebut terdapat banyak sekali tumbuhan tinggi menjulang. Lalu siswa tersebut merasa KEPO dan ingin mengetahui jenis tumbuhan apa yang dilihatnya. Setelah meluangkan waktu untuk melihat dan mengamatinya, ternyata tumbuhan tersebut memiliki ciri-ciri berakar tunggang, tidak berbunga sejati, memiliki biji, daun seperti jarum, batang bercabang-cabang, bakal biji terdapat dalam strobilus betina dan serbuk sari dalam strobilus jantan. Berdasarkan ciri-cirinya, siswa tersebut menyimpulkan bahwa tumbuhan yang sedang diamatinya termasuk ke dalam kelompok...
A. Thallophyta
B. Pterydophyta
C. Bryophyta
D. Gymnospermae
E. Angiospermae
 
11. Perhatikan siklus metagenesis tumbuhan lumut di bawah ini.


Berdasarkan skema di atas setiap fase yang ditunjuk oleh nomer 1 sampai 5 secara berurutan adalah...
A. Protonema - lumut dewasa - ovum - spermatozoid - sporangium
B. Protonema - lumut dewasa - ovum - spermatozoid - spora
C. Protonema - lumut dewasa - spermatozoid - ovum - sporangium
D. Protalium - lumut dewasa - spermatozoid - ovum - sporangium
E. Protalium - lumut dewasa - ovum - spermatozoid - sporangium
 
12. Perhatikan ciri-ciri hewan Vertebrata berikut!
(1) Bersifat vivipar;
(2) Fertilisasi eksternal;
(3) Suhu tubuhnya homoiterm;
(4) Tubuh ditutupi kulit yang ditumbuhi bulu;
(5) Alat gerak berupa sayap dan sepasang kaki.
Ciri-ciri hewan pada kelas Aves ditujukkan oleh nomor...
A. 1, 2, dan 3;
B. 1, 4, dan 5;
C. 2, 3, dan 4;
D. 2, 3, dan 5;
E. 3, 4, dan 5.
 
13. Suatu ekosistem terdiri dari komponen-komponen berikut:
1. Tanah
2. Ulat
3. Pengurai
4. Rumput
5. Burung
Jika jumlah populasi ulat menurun secara drastis makan akan mengakibatkan...
A. Populasi burung meningkat – pengurai meningkat – kesuburan tanah meningkat – populasi rumput meningkat
B. Populasi burung menurun – pengurai meningkat – kesuburan tanah meningkat – populasi rumput meningkat
C. Populasi burung menurun – pengurai meningkat – kesuburan tanah menurun – populasi rumput meningkat
D. Populasi burung meningkat – pengurai meningkat – kesuburaan tanah meningkat – populasi rumput menurun
E. Populasi burung menurun - pengurai menurun – kesuburan tanah menurun – populasi rumput meningkat
 
14. Perhatikan gambar di bawah ini!


Kesimpulan yang tepat untuk gambar piramida energi di atas adalah...
A. Ketika puncak piramid dicapai, jumlah individu menurun tapi jumlah energinya meningkat
B. Ketika puncak piramid dicapai, jumlah individu meningkat, dan jumlah energi sama
C. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling besar
D. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling rendah
E. Pada semua tingkat, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah sama
 
15. Pencemaran lingkungan dapat ditimbulkan oleh berbagai bahan pencemar, salah satunya adalah penumpukan kotoran dari peternakan. Cara mengatasi bahan pencemar itu sehingga menjadi bermanfaat bagi manusia adalah...
A. Mengeringkan dan memadatkannya sebagai bahan bakar
B. Menampung dan memprosesnya menjadi biogas
C. Mengolahnya menjadi makanan ternak
D. Memanfaatkannya untuk industri kertas
E. Memprosesnya sebagai bahan campuran industri kayu lapis
 
16. Perhatikan gambar sel berikut ini! Pasangan nama organel sel dan fungsinya yang tepat adalah...


A. 1 - Ribosom - sintesis protein;
B. 2 - Inti sel - sintesis lemak;
C. 3 - vakuola - menyimpan cadangan makanan;
D. 4 - Ribosom - sintesis protein;
E. 5 - Retikulum Endoplasma - mengatur aktifitas sel.
 
17. Perhatikan percobaan irisan umbi kentang yang direndam dalam suatu larutan di bawah ini!

Berdasarkan hasil percoaban dapat ditarik kesimpulan bahwa potongan kentang yang direndam dalam larutan tersebut akan mengalami pengurangan berat akibat larutan yang digunakan untuk merendam bersifat Hipotonis. Apakah kesimpulan hasil percobaan tersebut BENAR atau SALAH?
A. BENAR
B. SALAH
 
18. Seorang siswa sedang mengamati preparat penampang membujur daun yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Berdasarkan hasil analisis siswa tersebut menyimpulkan bahwa bagian daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosisntesis terjadi di bagian Palisade yang ditunjukkan oleh nomor 2. Menurut anda apakah kesimpulan siswa tersebut BENAR atau SALAH...
A. BENAR
B. SALAH
 
19. Perhatikan ciri ciri dari suatu jaringan tumbuhan berikut ini !
1) Tersusun oleh sel tapis, pembuluh tapis, sel pengiring, sel parenkim kayu, dan sklerenkim kayu
2) Tersusun oleh trakeid, trakea, pembuluh xilem, parenkim kayu, dan sklerenkim kayu.
3) Berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari dalam tanah menuju daun.
4) Merupakan jaringan penguat pada organ tumbuhan yang masih aktif dalam pertumbuhan
5) Berfungsi untuk mengangkut zat-zat hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.

Yang merupakan fungsi dari jaringan floem adalah...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 1 dan 5
 
20. Serat otot mempunyai bagian gelap dan terang (lurik) dan bercabang-cabang pada bagian ujungnya seperti gambar berikut adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh otot...
 

A. otot jantung
B. otot lurik
C. otot polos
D. otot pesendian
E. otot pericardia
 
21. Perhatikan gambar mekanisme gerak lengan berikut!


Perubahan posisi lengan dari Y ke X terjadi karena terjadinya...
A. Kontrasksi otot trisep dan releksasi otot bisep;
B. Kontraski otot bisep dan trisep;
C. Kontraksi otot bisep dan relaksasi otot trisep;
D. Relaksasi otot bisep dan trisep;
E. Relaksasi otot bisep saja.
 
22. Perhatikan skema proses pembekuan darah berikut ini.



Huruf a, b dan c secara berturut-turut adalah...
A. Trombokinase, trombin, fibrinogen
B. Trombin, fibrinogen, trombokinase
C. Fibrinogen, trombokinase, trombin
D. Trombokinase, trombin, ion Ca
E. Trombokinase, trombin, Vitamin K
 
23. Perhatikan gambar organ organ pada sistem pencernaaan berikut ini.


bagian yang di tunjuk oleh nomor 3 mensekresikan...
A. Getah empedu dan lipase
B. Enzim Amilase, tripsin dan Lipase
C. HCL dan gstrin
D. Ptialin
E. Erepsin, laktase dan sukrase
 
24. Sekelompok siswa sedang melakukan praktikum uji zat makanan. Terdapat 5 jenis bahan makanan yang diuji dan diberi kode huruf A sampai D. Hasil pengamatan saat praktikum disajikan dalam tabel di bawah ini.


Dari hasil praktikum tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan makanan yang berkode huruf B mengandung zat...
A. Protein;
B. Lemak;
C. Glukosa;
D. Amilum;
E. Glikogen
 
25. Gangguan pada sistem pernafasan berupa penyempitan saluran pernafasan sehingga menyebabkan seseorang tersengal-sengal saat bernafas (bengek). Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan kelelahan saat berolahraga. Nama gangguan/penyakit ini adalah...
A. Bronkitis;
B. Faringitis;
C. Asma;
D. Pleuritis;
E. Asidosis.
 
26. Perhatikan gambar struktur nefron ginjal berikut ini!


Pada saat proses pembentukan urine yang terjadi pada tahap no. 1 adalah...
A. Reabsorpsi air ke dalam darah;
B. Menghilangkan amonia dari tubuh;
C. Reabsorpsi garam dan asam amino;
D. Penyaringan plasma darah dan menghasilkan urin primer;
E. Mengkonsentratkan urine.
 
27. Seseorang atlit basket sedang melakukan lemparan bola ke arah ring basket. Bagaimana mekanisme penghantaran impuls pada gerak yang dilakaukan oleh atlet tersebut...
A. Impuls – Reseptor – neuron sensorik – otak – neuron sensorik – efektor
B. Impuls – Reseptor – neuron sensorik – neuron konektor – otak – efektor
C. Impuls – Reseptor – neuron sensorik – otak – neuron motorik – efektor
D. Impuls – Reseptor – neuron motorik – sumsum tulang belakang – neuron motorik – efektor
E. Impuls – Reseptor – neuron sensorik – interneuron – neuron motorik – efektor
 
28. Perhatikan sistem reproduksi wanita berikut ini!


Peristiwa oogenesis, fertilisasi, dan implantasi zigot secara berturut-turut terjadi di bagian yang ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 2 dan 6
B. 3, 1 dan 2
C. 3, 2 dan 5
D. 3, 5 dan 4
E. 4, 1 dan 2
 
29. Perhatikan grafik siklus menstruasi di bawah ini!


Dari grafik di atas, disimpulkan bahwa kadar estrogen dan LH menurun pada fase ....
A. menstruasi
B. praovulasi
C. ovulasi
D. fertilisasi
E. pasca ovulasi
 
30. Pernyataan di bawah ini merupakan fungsi sistem pertahanan tubuh, kecuali...
A. Menyingkirkan sel-sel yang sudah rusak akibat suatu penyakit atau cidera
B. Mempertahankan tubuh dari dari pathogen invasif
C. Melakukan respons imunitas yang tidak tepat sehingga terjadi alergi
D. Mengenali dan menghancurkan sel normal
E. Melindungi tubuh terhadap suatu agen dari lingkungan eksternal
 
31. Perhatikan data pertumbuhan kecambah kacang hijau yang diberi perlakuan dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda berikut ini!


Berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah...
A. Tidak berpengaruh;
B. Mempengaruhi pertumbuhan;
C. Mempercepat pertumbuhan;
D. Menghambat pertumbuhan;
E. Data eksperimen tidak dapat digunakan untuk menarik kesimpulan.
 
32. Doni seorang siswa kelas XII MA sedang melakukan sebuah percobaan tentang pertumbuhan tanaman dengan cara menanam biji kacang tanah yang ditempatkan di dua wadah yang berbeda. Berikut kedua wadah perlakuan yang dilakukan oleh siswa tersebut: 
- Wadah I berisi biji kacang tanah yang ditanam pada suatu medium dan disimpan di tempat terang;
- Wadah II berisi biji kacang tanah yang ditanam pada suatu medium dan disimpan di tempat gelap. 
Berdasarkan percobaan tersebut didapatkan bahwa tanaman yang ada di wadah II memiliki batang yang lebih panjang dibandingkan dengan yang ada di wadah I. Hal yang mendasari perbedaan tersebut adalah...
A. Di tempat gelap fitohormon lebih banyak yang terbentuk;
B. Auksin yang berada di ujung kecambah bekerja optimal di tempat gelap karena tidak terurai;
C. Di tempat gelap lebih banyak makanan untuk proses perkecambahan biji;
D. Di tempat terang sel-sel meristem tidak aktif membelah atau sel-selnya mati;
E. Di tempat terang terlalu banyak cahaya yang masuk serta berkurang air akibat adanya evaporasi dan transpirasi.
 
33. Seorang siswa melakukan percobaan tentang kecepatan pemasakan buah mangga yang sudah tua tetapi masih hijau. Mangga tersebut dimasukkan ke dalam dua buah keranjang. Keranjang pertama dibiarkan terbuka sedangkan yang kedua ditutup dengan kertas. Ternyata mangga yang diletakan pada keranjang kedua lebih cepat matang, karena pengaruh...
A. Gas etilen;
B. Asam absisat;
C. Asam traumalin;
D. Auksin;
E. Giberelin.
 
34. Meskipun terdapat ribuan enzim di dalam tubuh makhluk hidup, tetapi tidak akan pernah terjadi kesalahan reaksi seperti suatu substrat dikatalis oleh enzim yang salah. Hal tersebut merupakan sifat enzim yaitu...
A. Mempercepat laju reaksi kimia;
B. Tidak ikut bereaksi;
C. Sebagai biokatalisator;
D. Sebagai katalisator organik;
E. Bekerja secara spesifik.
 
35. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase berikut.
 
 
Data diatas membuktikan bahwa kerja enzimkatalase dipengaruhi oleh…
A. Ekstrat hati dan pH 4
B. Ekstrat hati dan H2O2
C. H2O2 dan suhu
D. pH dan suhu
E. H2 O2 dan pH 4
 
36. Pernyataan dibawah ini adalah tentang anabolisme.
1) Fotosistem I menangkap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm
2) Fotosistem II menangkap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang 700 nm
3) Energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH
4) Dihasilkan oksigen dari peristiwa fotolisis air
5) Pada proses fotofosforilasi berlangsung di membran tilakoid.
Manakah yang berkaitan dengan fosforilisasi nonsiklik reaksi terang fotosintesis...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
 
37.  Perhatikan gambar kromosom berikut! 
 

Berdasarkan letak sentromernya, akrosentrik dan telosentrik secara berturut-turut ditunjukkan oleh huruf...
A. C dan D
B. B dan D
C. B dan C
D. A dan D
E. A dan B
 
38. Berdasarkan fungsinya kromosom terdiri dari dua jenis yaitu autosom dan kromosom seks susunan kromosom pada sel telur manusia adalah...
A. 22 A + y
B. 22 A + X
C. 23 A + X
D. 44 A + X
E. 44 A + Y
 
39. Berikut adalah gambaran tentang pembelahan mitosis:
(1) Kromatid memisahkan diri dari sentromer
(2) Benang-benang kromatin menebal
(3) Terlihat sepasang sentriol
(4) Kromosom berada di bidang ekuator
(5) Kromatid berpisah menuju ke kutub
(6) Nukleus dan membran inti mulai hilang
Yang terjadi pada tahap profase adalah nomor...
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (6)
E. (2), (3), dan (6)
 
40. Sitokinesis yang terjadi pada pembelahan mitosis berlangsung pada fase...
A. profase
B. metafase
C. anafase
D. telofase
E. interfase
 
41. Hasil persilangan antara mangga bulat rasa manis (BBMM)dengan buah lonjong rasa asam (bbmm) di peroleh F1 yang semuanya buah bulat ,rasa manis (BbMm). Apabila F1 disilangkan dengan tanaman bergenotipe Bbmm dan diperoleh jumlah keturunan yang dimiliki buah bulat dan rasa manis adalah...
A. 40
B. 80
C. 120
D. 160
E. 200
 
42. Tikus tanah hitam ekor panjang (HHPP) disilangkan dengan tikus rambut putih ekor pendek (hhpp). Pada F2, berapa kemungkinan munculnya tikus yang mempunyai fenotip yang sama dengan induk yang dominan apabila F1 dikawinkan dengan sesamanya adalah...
A. 6,25%
B. 18,75%
C. 25%
D. 56,25%
E. 100 %
 
43. Seorang wanita normal menikah dengan seorang penderita hemofili. Apabila anak perempuannya menikah dengan laki-laki normal, maka kemungkinan anak yang dilahirkan memiliki kemungkinan...
A. 50% penderita, 25% normal, 25% carier
B. 25% penderita, 50% normal, 25% carier
C. 75% penderita, 25% normal
D. 25% penderita, 75% normal
E. 50% penderita, 50% normal
 
44. Perhatikan gambar mutasi pada kromosom dibawah ini! Berdasarkan gambar di atas, jenis kerusakan kromosom yang terjadi adalah...
A. Transversi
B. Inversi
C. Delesi
D. Duplikasi
E. Translokasi
 
45. Perhatikan gambar berikut! 

Berdasarkan peta kromosom tersebut, trisomi pada kromosom 13 sehingga jumlah kromosom 47 terdapat kelainan akibat mutasi, adalah...
A. Sindrom down;
B. Sindrom turner;
C. Sindrom patau;
D. Sindrom klinefelter;
E. Sindrom edward.
 
46. Teori darwin yang benar terkait evolusi adalah...
A. Manusia cenderung untuk bertambah dalam tingkat yang lebih besar daripada caranya untuk bertahan
B. dulu leher jerapah pendek, tetapi karena tumbuhan yang dimaknnya semakin tinggi, lehernya menjadi panjang dan diwariskan kepada keturunannya
C. perubahan ciri pada makhluk hidup yang tidak sesuai dengan lingkungannya menyebabkan makhluk hidup tersebut tidak dapat mempertahankan diri
D. jerapah yang berleher pendek akan mati karena tidak mendapatkan makanan yang letaknya lebih tinggi dari tubuhnya
E. populasi manusia bertambah lebih cepat daripada produksi makanan, sehingga menyebabkan manusia bersaing satu sama lain untuk memperebutkan makanan dan menjadikan perbuatan amal sia-sia
 
47. Bagian yang termasuk organ analog adalah...
A. sayap burung dan tangan manusia
B. tangan manusia dan tangan kera
C. sayap burung dan sayap kupu-kupu
D. sayap kelelawar dan sayap penguin
E. kaki depan kuda dan tangan manusia
 
48. Perhatikan percobaan Spallanzani dibawah ini.
 

Setelah dibiarkan terbuka selama 2 hari, air kaldu pada labu nomor 4 berubah menjadi keruh dan mengandung mikroba. Hal ini membuktikan bahwa...
A. Air kaldu yang dipanaskan belum mematikan mikroba;
B. Mikroba dalam air kaldu berasal dari udara;
C. Udara kotor dapat mengakibatkan air kaldu keruh;
D. Air kaldu yang terbuka dapat berubah menjadi organisme;
E. Mikroba berasal dari kaldu yang dibiarkan terbuka.
 
49. Rekayasa genetika seperti pembuatan tanaman transgenik dilakukan untuk kesejahhteraan manusia akan tetapi muncul dampak yang tidak diinginkan yaitu dampak negatif dan positif. Yang hukan termasuk dampak positif tumbuhan transgenik yaitu …
A. menghasilkan produk labih dari sumber yang labih sedikit
B. rekayasa tanaman dapat hidup dalam kondisi llingkungan ekstrem
C. berpotensi menimbulkan risiko toksisitas
D. Makanan dapat menjadi lezat dan menyehatkan
E. memperluas daerah pertanian
 
50. Apa manfaat dari Enzim endonuclease yang digunakan dalam teknik rekayasa genetika adalah….
A. mendeteksi patogen pangan secara molekuler
B. Penghambat petumbuhan
C. penghasil bakteri
D. isolasi plasmid
E. memotong ikatan nukleotida

0 Response to "Contoh Soal Asesmen Madrasah Mapel Biologi Tahun 2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel